PROSPEK KERJA DOKTER HEWAN

Diposkan oleh ALVIN'Z BLOG 4.29.2012


Dewasa ini,seiring era globalisasi sedang mewabah negri ini. Sulitnya mencari pekerjaan adalah suatu hal yang lumrah di rasakan masyarakat kita. Kita tidak kaget melihat lulusan S1 yang mondar-mandir membawa lamaran pekerjaan, bahkan media massa pernah menyebut lulusan S2 jg sulit mencari pekerjaan.
adapun prospek salah satunya klik disini

Di samping itu,sistem perekonomian kita jg sedang goyah. itulah yang di lansir pemerintah beberapa hari yang lalu. Melihat hal tersebut, Para orang tua yang mau menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi jelas harus lebih selektif lagi. Mungkin di benak mereka hanya akan terngiang satu pertanyaan” mau jadi apa anakku kelak setelah lulus S1? “ tidak mau melihat anaknya sengsara, orang tua saatnya memilih prodi yang tepat untuk buah hatinya, walaupun segala cara di lakukan tanpa memperhatikan halal atau tidaknya.

Oleh karena itu, prodi dokter hewan insyallah merupakan pilihan yang tepat, hal itu tidak menutup kemungkinan karena dokter hewan di indonesia sangat kekurangan, apalagi di luar jawa. Di perkirakan 10 tahun ke depan, dokter hewan asing akan merajai pangsa pasar negri ini.tidak mau hal tersebut terjadi kan?

Mengingat hal itu, beberapa bulan yang lalu UGM menjembatani dengan mengadakan seminar tentang kerja dokter hewan di luar negri.

Salah satu pembicaranya adalah drh. Dian Nursanti M.P. alumni FKH UGM angkatan 1990 yang sekarang bekerja pada Mundelein Animal Hospital (MAH), Mundelein, Illinois, Amerika Serikat (USA).

Beliau memaparkan bahwa pendapatan seorang praktisi dokter hewan di USA per tahun bekisar $ 71.990 (sekitar Rp. 719.900.000) dan untuk dokter hewan pemerintah (federal government) berkisar $ 84,355 (sekitar Rp 843.550.000). Penghasilan yang sangat menggiurkan bagi dokter hewan Indonesia ini harus dicapai oleh calon dokter hewan USA melalui proses yang berat namun terasa lebih berat lagi bagi dokter hewan lulusan luar USA. Proses ujian “penyetaraan” profesi (ECFVG/Educational Commission for Foreign Veterinary Graduates) dirasakan sangat berat terutama bagi dokter hewan lulusan Universitas dari Asia.

Drh. Dian dengan perjuangan tak kenal menyerah akhirnya lulus ujian penyetaraan profesi dan diakui kemampuannya sebagai dokter hewan setelah ujian ECFVG tersebut. Dokter hewan satu ini memang selain pintar sejak di sekolah dasar hingga PT, juga sangat ulet . Harus dicatat bahwa pilihan menjadi dokter hewan baginya melebihi keinginan menjadi dokter manusia (meskipun secara akademik hal ini mampu diraihnya). Hal ini menggambarkan betapa profesi dokter hewan memang secara sadar dipilihnya sehingga sangat wajar kalau tekad dan hasil kerja kerasnya terlihat sekarang dengan bekerja di sebuah Rumah Sakit Hewan di USA.




Drh. Dian menyebutkan seni dan ilmu diagnosis kedokteran hewan merupakan kombinasi metode ilmiah, intuisi, dan keterampilan interpersonal. Oleh karena itu seorang dokter hewan harus memiliki sikap optimis, kreatif, belajar tanpa batas, selalu melihat peluang secara positif, respektif (honesty and humility). Hal lain yang ditekankannya untuk profesi dokter hewan hendaknya juga mampu membangun animal relationship dan client relationship.

Untuk lebih memahami prospek kerja dokter hewan, dan sekaligus bisnis mahasiswa kedokteran hewan salah satunya KLIK DISINI

Demikian sepintas mengenai seminar dengan pembicara seorang alumnus FKH UGM yang berhasil menembus ketatnya persyaratan praktek sebagai dokter hewan di Amerika. Acara tersebut dapat menyemangati para mahasiswa FKH UGM untuk berani bertarung di kancah internasional. Drh. Dian Nursanti jg yakin bahwa dokter hewan lulusan UGM memiliki kreatif, daya juang tinggi, sabar, dan ulet. Semoga itu akan selalu menjadi modal kesuksesan para alumnusnya. Amin...

*Pelajaran : Dalam hal ini kita dapat mengambil hikmah,bukan hanya lulusan dokter hewan saja yang dapat sukses.Cerita di atas hanya salah satu contoh saja.
Profesi apapun, jika kita serius dan tekun dalam menjalankannya, insyallah akan sukses jg. Mengingat menjadi sukses adalah ketrampilan yang bisa di pelajari, bukan hanya bakat yang menyertai kita sejak lahir. Kita dapat mengasahnya sendiri atau mempelajarinya dari orang lain yang sudah sukses. Dalam arti kita cari orang yang telah mencapai puncak dan pelajari cara mereka bekerja. Karena hal itu dapat menjadi motivasi bagi diri kita sendiri, sehingga kita lebih confidently (baca:lebih percaya diri) untuk menatap hari esok yang persainganya semakin ketat. *BIJAK MODE:ON


SEMANGAT KAWAN !!!!!


info lebih lanjut bisa hubungi saya lewat facebook : ALVIN PARADIPTYA RIFKAS
atau by handphone : 085655281114

40 komentar

  1. sifa Says:
  2. halo alvin, gimana khabarnya?

    wah boleh nich postingnya, apapun profesi kita yg jelas kita harus kreatif dan ga malez biar dapat pekerjaan yg di harapkan. tp di Indonesia emng masih kurang dokter hewannya, so calon2 dokter hewan seperti alvin sangat di buthkan untuk bangsa ini. tetep semangat tuk kuliahnya ya ^_^
    jd kangen jalan2 ke jogja n mengunjungi UGM he..he..

     
  3. mazdeby Says:
  4. Dokter hewankah masnya ini?

     
  5. bagus artikelnya , aku pun nyampe sekarang masih belom jelas apa yg mau aku kerjain abis jadi drh, hee

     
  6. Nice post bro.

     
  7. Dimana ada kemauan disitu ada jalan,tidak ada didunia ini yang tidak mungkin selama kita mau berusaha.salam Indonesia Damai.

     
  8. Abu Inayat Says:
  9. Yang penting Gimana Usahanya. Usaha adalah kuncinya.

     
  10. kakve-santi Says:
  11. ini yang diperlukan, sesuatu gak bisa di pandang sebelh mata.. :)

     
  12. Anonim Says:
  13. yg penting niat, usaha n doa ...
    cayyo vin!!!
    aku mendoakan mu ... :)
    -eFFa-

     
  14. Bang Del Says:
  15. Mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430H untuk Alvin Paradiptya Rifkas, Padiptya co.cc dan Seluruh pengunjung blog ini...

     
  16. Inuel^-^ Says:
  17. semangaddddddddddd!!

    semoga sukses menjadi dokternya ^_^,
    bener thu harus tekun dan serius,
    salam kenal yah vin :)

     
  18. yessi ervina Says:
  19. apa kabarnya bro?
    benar banget aku setuju ma postingannya.kita tidak boleh menyerah.cayoo

     
  20. yessi ervina Says:
  21. hai

     
  22. tuteh Says:
  23. Salam kenal, makasih udah mo kunjungi blog saya :)

     
  24. ALVIN'Z BLOG Says:
  25. All :Sory teman2 baru bisa bls sekarang,,

    @sifa. alhamduliilah baik sifa gmn ?
    @mazdeby. masih mahasiswa mas
    @galuh. semangat ya galuh
    @ais. thanx
    @peace.siip.. salam jg
    @bangdel. wah udah telat ni.. selamat tahun baru ja ya
    @inul. salam kenal jg..
    @yessi. alhmdlah baik, semangat yessi !!
    @tuteh: sama2

     
  26. Anonim Says:
  27. sbenernya pas gw ktemu artikel ini (artikel ini gw ketemukan dengan mengetik "kekurangan jadi dokter hewan di indo" di google) niat gw adalah mengubur dalam2 impian gw dari kecil yg kepengen jadi dktr hewan di indo,,karna skrg gw uda terlanjur kuliah nursing (keperawatan) di ausie..tapi kenapa malah membuat impian gw smakin menjadi2 pas baca posting ini,,sedih banget karna gw merasa terlambat untuk mengubah jalur dan berbalik mengejar impian gw dari dulu..gimana donk?!

     
  28. ALVIN'Z BLOG Says:
  29. @anonim : Semua itu udah ada jalan hidupnya sendiri... Mungkin itu yg terbaik buat kamu.. Yakinlah semua keputusan Allah itu paling sempurna. Dan ingat,, Tidak ada kata terlambat untuk maju !! semangat kawan !! ^_^

     
  30. Anonim Says:
  31. smoga bs jadi calon dkter hwan kyk alvin.........amin
    :)

     
  32. Anonim Says:
  33. dokter hewan is the best.... :-)

     
  34. sadindinaf Says:
  35. yah,,,saya sepakat dengan pendapat anda,,
    semangat,ketekunan dalam belajar kita bisa menjadi orang yg sukses,,
    semangat juga kawan,,

     
  36. Anonim Says:
  37. stuju, kak alvin angkatan berapa di ugm? aku baru masuk fkh ugm jg angkatan 2010, masih awam sekali kak ..

    shinta

     
  38. ryan Says:
  39. .smangat cuy,.
    .blognya bagus cuy,.ajari aku buat blog cuy


    sumba marumba ee
    erin pebriyansyah

     
  40. bisa beli disni gan
    obat2 untuk hewan dan ternak
    mau buka toko juga boleh
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6820520

    ada juga Pencerah kuning telor untuk peternak ayam dan bebek
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6816011

    thx

     
  41. Anonim Says:
  42. akhirnya saya mendapat pencerahan.
    sedari awal kelas 3 sma sa berencana untuk masuk fkh.
    selain itu apalagi mas peluangnya????
    oya mahal gak sih kedokteran hewan twuh??
    mohon di jawab.

     
  43. ALVIN'Z BLOG Says:
  44. peluang lulusan kerja dokter hewan insyallah banyak,,, selain membuka praktek klinik hewan kecil maupun besar.. bisa juga di pemerintahan (PNS). biaya kuliah kedokteran hewan relatif murah di banding kedokteran umum

     
  45. Anonim Says:
  46. wiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiw
    jadi smangat abis baca ini post , FKH caio

     
  47. bimoghifari Says:
  48. Kalo di pemerintahan(PNS) itu drH nya seperti apa ya? .terimakasih kaka yg menjawab :)

     
  49. bimoghifari Says:
  50. Di pemerintahan(PNS) drH nya itu seperti apa ya? .terimakasih kk yg menjawab :)

     
  51. bimoghifari Says:
  52. Kalo di pemerintahan ,dr.H nya seperti apa ya? Contoh lapangan nya seperti apa? .makasih kaka

     
  53. ALVIN'Z BLOG Says:
  54. dokter hewan PNS bisa bekerja di departemen pertanian,perikanan dan kelautan. untuk di lapangan bisa membuka praktek khusus hewan besar seperti sapi dan kambing.

     
  55. ALVIN'Z BLOG Says:
  56. dokter hewan PNS bisa bekerja di departemen pertanian,perikanan dan kelautan. untuk di lapangan bisa membuka praktek khusus hewan besar seperti sapi dan kambing.

     
  57. bimoghifari Says:
  58. Haduh maaf banget ya jadi postingnya berulang deh .error soalnya .oke makasih ya ka

     
  59. bimoghifari Says:
  60. Oh ya di departemen pertanian .dr.H .itu kerjanya ngapain ya ka nantinya?

     
  61. Anonim Says:
  62. alhamdulillah saya diterima dikedokteran hewan. tapi saya galau dengan jurusan saya. saya masih kurang sreg di hati, soalnya cita-cita dokter umum gagal dicapai. semoga tahun ini saya diterima fku saja..hehe

     
  63. panjul UWKS Says:
  64. Semoga menjedi dokter hewan kaya mas alfin....

     
  65. Marina Says:
  66. kalo jadi dokter hewan apa aja yang dipelajarin nih?
    alhamdulillah taun ini saya ditrima di jurusan ini, biar lebih siap pas di perkuliahan nanti..

     
  67. YOSE RIZAL Says:
  68. tahu persentasi pengangguran dokter hewan mas? kata orang dokter hewan itu sepi job, nanti ga da kerjaan. itu yang jadi ketakutan mas.

     
  69. YOSE RIZAL Says:
  70. mas, apa bener dokter hewan itu sepi job? banyak yang nganggur, dan penghasilannya pas2an ?

     
  71. tagitaaaaaaa Says:
  72. Masih galaw antara FKH UGM sama PBI Sanata Dharma. :(

     
  73. Wah ini baru postingan. Thanks gan! Saya mahasiswi FKH IPB :)
    Check this out http://aliyyam95.student.ipb.ac.id

     
  74. MitraBibit Says:
  75. Sukses selalu buat masnya.. semoga bisa jadi inspirasi bagi dokter-dokter hewan lainnya, dan bisa menyelamatkan banyak hewan yang membutuhkan :)
    follow back ya..

     

Poskan Komentar

Maaf, sy tidak menerima komentar yang berbau spam..

bookmark
bookmark
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
RSS Feed Berlangganan posting via RSS FEED

Atau berlangganan posting via email:


About Me
Alvin Paradiptya Rifkas- a 20 years single man. I am veterinary medical student (at Faculty of veterinary Medicine, Gadjah Mada University, Yogyakarta, Indonesia), blogger from East Java, Indonesia. I like reading and writing very much. Wanna be veterinary medical doctor. This is my personal blog. Therefore, you can find many different topic here. you can contact me by handphone 085655281114
Komentar Terbaru

ShoutMix chat widget